Analisis Penggunaan Topologi Star Dan Daisy-Chain pada Respon Pengontrolan Foundation Fieldbus

ABSTRAK

FOUNDATION Fieldbus merupakan teknologi komunikasi dijital yang juga berfungsi untuk pengontrolan. Salah satu keunggulan FOUNDATION Fieldbus adalah pengontrolan yang lebih terdistribusi menggunakan Field Control System (FCS). Konfigurasi instrumen pada FOUNDATION Fieldbus mengikuti konfigurasi seperti pada jaringan komputer pada umumnya, misalnya topologi bus, daisy-chain, star, atau ring. Sejauh ini belum diketahui apakah ada perbedaan yang terjadi pada kinerja sistem kontrol jika menggunakan topologi yang berbeda.

 

Tugas Akhir ini bertujuan mengkaji kinerja topologi star dan daisy-chain, untuk itu perangkat keras yang digunakan, adalah linking device, peralatan lapangan dan kontrolan.  Linking device yang digunakan, yaitu Device Field Interface DFI302. Peralatan lapangan yaitu valve positioner FY302 dan pressure transmitter LD302. Perangkat lunak  yang digunakan, adalah  program Syscon dan TagView di System302 dari SMAR dan kontrolan yang digunakan untuk percobaan, adalah kontrolan mini dengan dua tangki level. Pengujian dilakukan dengan memberikan sinyal step pada nilai acuan 40%. Variabel yang diamati, adalah variabel proses, sinyal keluaran pengontrol, dan sinyal umpan balik ke pengontrol.

 

Hasil percobaan memperlihatkan tidak adanya perbedaan signifikan pada variabel proses dan sinyal umpan balik ke pengontrol, karena nilai t-test tidak melewati batas kritis 1,96 dan nilai probabilistik tidak melewati batas nilai signifikan 5%. Namun hasil t-test menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada parameter sinyal keluaran pengontrol. Analisis root locus menunjukkan sistem berada dalam kestabilan dengan nilai penguatan kritis 10,2 untuk star dan 11,1 untuk daisy-chain.

 

Analisis kondisi transien menunjukkan  waktu naik 91 detik untuk daisy-chain dan 109 detik untuk star, waktu tunda 70 detik untuk daisy-chain dan 83 detik untuk star. Oleh karena itu, topologi daisy-chain lebih direkomendasikan untuk digunakan jika dibandingkan dengan topologi star.

 

Kata kunci

FOUNDATION Fieldbus, analisis statistik t-test, PI, analisis kestabilan domain Z, topologi bus, topologi daisy-chain.

 

About rahadiansunandar

mendapat kesempatan untuk menikmati pendidikan di TF ITB 2005-2010. sekarang sedang meniti karir di salah satu perusahaan minyak nasional terbesar di negeri tercinta Indonesia.
This entry was posted in all about oil and gas. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s