5 bidang keilmuan

5 bidang keilmuan yang perlu dikuasai dalam proses transformasi masyarakat

 

ilmu ideologi

ideologi merupakan cara pandang kehidupan, bagaimana kita meneanggapai kehidupan yang kita jalani. ideologi menentukan penilaian baika dan buruk

terhadap sesuatu. Islam bisa dipandang sebagai sebuah ideologi karena Islam bukanlah sekadar agama tapi merupakan sebuah aturan hidup. Tak ada satu jengkal

pun dari sistem kehidupan ini yang tidak diatur di dalam Islam.

 

siapapun yang akan berperan dalam proses transformasi masyarakat, pertama kali harus diyakinkan tentang ideologi apa yang dia anut, karena (sekali lagi) ideologi ini akan menjadi acuan dalam penilaian baik-buruk terhadap sesuatu.

 

ilmu sejarah

sejarah suatu bangsa akan dapat menggambarkan perjalanan suatu bangsa. berbagar catatan menunjukkan bahwa sejarah suatu bangsa sangat mempengaruhi nasib dan pandangan

bangsa tersebut. banyak organisasi multinasional yang terhimpun karena latar belakang sejarah. asean adalah salah satunya. latar belakang sejarah yang sama terutama pengalaman

buruk penjajahan kolonial membuat bangsa-bangsa di asia bagian tenggara ini memutuskan untuk menjalin kerja sama yang erat dan terikat dalam satu wadah organisasi multi nasional.

 

dengan mempelajari sejarah suatu bangsa, secara tak langsung kita pun sedang mempelajari karakter bangsa tersebut termasuk kelebihan dan keterbatasan bangsa tersebut.

 

ilmu sosial

nilai penting dalam mempelajari ilmu ini, adalah untuk menjadikan kita dapat dengan mudah mengenal budaya dan kebiasaan masyarakat. sedemikian sehingga dapat mengambil langkan

yang tepat ketika menghadapi masyarakat dengan kondisi tertentu.

 

mengutip apa yang dikatakan Sun Tzu dalam strategi perangnya, bahwa ketika kita mengenal musuh, maka setengan kemenangan telah di tangan kita. walaupun dalam proses transformasi

masyarakat ini bukanlah sebuah  perang, dan masyarakat yang kita hadapi bukanlah musuh yang harus dimusnahkan, tapi rasanya strategi Sun Tzu tersebut cukup relevan (dengan sedikit penyesuaian). singkat kata, bahwa kita perl mengenal kondisi masyarakat. bagaimana kebiasaannya, budayanya, karakter orangnya, dll.

 

ilmu bahasa

seseorang dengan kemampuan multi bahasa bukan lagi sesuatu yang asing di dunia ini. interaksi sosial manusia sudah melibatkan banyak orang bahkan sampai skala dunia. bagaimana kita bisa berinteraksi dengan baik jika bahasanya berbeda (ora mudeng, klo orang jawa bilang).

 

terlebih lagi dalam upaya mentransformasi sebuah masyarakat menjadi lebih baik, penguasaan bahasa masyarakat tersebut menjadi sesuatu yang penting.

 

ilmu sains dan teknologi

pengembangan masyarakat menjadi lebih baik rasanya sulit terpisahkan dari peran ilmu pengetahuan dan teknologi. oleh karena itu penguasaan iptek menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. setelah keempat bidang keilmuan di atas terkuasai, maka iptek adalah solusi untuk membuat tatanan masyarakat yang maju. kita telah menyaksikan sendiri dalam catatan sejarah bagaimana bangsa-bangsa yang besar telah menghasilkan banyak karya agung yang merupakan buah karya kemajuan teknologi di zamannya.

 

harmonisasi kelima bidang keilmuan tersebut merupakan ramuan jitu dalam proses transformasi masyarakat menjadi lebih baik.

terinspirasi dari Dr. Yusuf Qardawi, dengan sedikit perubahan (sedikit aja)…

 

About rahadiansunandar

mendapat kesempatan untuk menikmati pendidikan di TF ITB 2005-2010. sekarang sedang meniti karir di salah satu perusahaan minyak nasional terbesar di negeri tercinta Indonesia.
This entry was posted in self development. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s